Ramadhan semakin dekat : Ini Persiapanku, Apa Persiapanmu ?




      Eksis Rohis FE Unnes kembali menggelar Kajian Selasa (Kasela) pada hari Selasa (3/6) di pelataran C3. Yang pada kesempatan kali ini mengambil tema “Menyambut Ramadhan dengan Amalan Bulan Sya’Ban” bersama Ustadz Diding.
      Seperti biasa, gedung C3 Fakultas Ekonomi tampak ramai oleh mahasiswa yang hilir mudik dengan aktivitasnya masing-masing. Namun, Kajian Selasa tetap sukses digelar sore itu (3/6). Terbukti dengan jumah peserta lebih dari 70 orang.
     Materi inti diisi oleh Ustadz Diding yang membahas tentang persiapan menuju Bulan Ramadhan. Ramadhan yang begitu istimewa, sehingga perlu dipersiapkan bukan hanya satu bulan sebelumnya. Tapi idealnya 6 bulan sebelumnya. Mengapa kita perlu mempersiapkan diri? Agar kita bisa maksimal dalam memanfaatkan tiap momen di bulan Ramadhan.
      Ini berkaitan erat dengan cara memaksimalkan kebaikan. Kebaikan itu sendiri bisa dimaksimalkan melalui 3 hal. Yaitu orang (contohnya para sahabat Nabi seperti Abu Bakar, Usman, Umar), tempat (contohnya Masjid Nabawi, Masjidil Haram, Masjidil Aqsa) , dan waktu. Kita tidak mungkin menandingi kebaikan para sahabat nabi, dan terlalu banyak biaya untuk beribadah di Masjid Nabawi. Maka dengan memanfaatkan waktu tertentu, kita bisa memaksimalkan kebaikan, salah satunya waktu di bulan Ramadhan.
   Diantara persiapan yang diperlukan adalah persiapan rukhiyah, fisik, dan persiapan finansial. Mempersiapkan hati untuk menyambut bulan Ramadhan dengan cara membersihkan hati dari amarah, iri, dengki. Persiapan fisik juga diperlukan melalui puasa sunnah agar tubuh terbiasa berpuasa. Dari segi finansial, agar mulai mempersiapkan logistik selama Ramadhan khususnya menyambut Idul Fitri. Sehingga di 10 malam terakhir bisa berkonsentrasi penuh untuk mendapatkan Lailatul Qadar.
     Malam Lailatul Qadar yang begitu istimewa memiliki tanda-tanda, diantaranya sinar matahari sejuk, udara bersih, hati terasa nyaman dan tenang. Merupakan salah satu momen terbaik untuk bisa memperbanyak ibadah dengan selalu berharap keberkahan dari Allah SWT.

Ramadhan semakin dekat : Ini Persiapanku, Apa Persiapanmu ? Ramadhan semakin dekat : Ini Persiapanku, Apa Persiapanmu ? Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 6:05 AM Rating: 5

No comments