Jangan Lebay, Karena Bahkan Allah pun Membencinya


Bagi sebagian besar kita para sobat Eksis, mungkin sudah tau betul apa itu lebay. Tapi, coba tengok di kamus besar bahasa indonesia, adakah kata "lebay" di dalam sana? Tidak. kalau tidak percaya, silakan lihat dan cari disini  KBBI.

Lalu, apa sebenarnya arti lebay itu? Kata lebay mengarah pada kata berlebih-lebihan. ceritanya lebay, berarti ceritanya berlebihan. tingkah lakunya lebay, berarti tingkah lakunya berlebihan. Benarkah Allah membenci orang yang lebay? Coba kita tengok ayat Al A'raf ayat 31 berikut ini:

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.
"ah, saya g lebay kok..!" pikir anda dalam hati. sekarang, mari kita lihat 6 Lebay dibawah ini:



1. Lebay dalam Perkataan, lebay perkataan maksudnya adalah berkata hal-hal yang bisa menyebabkan kemudharatan dan kemaksiatan. menggunjing orang lain, berkata kasar dll. apabila kita tidak bisa berbicara yang baik, maka akan lebih baik jika kita diam. karena seperti peribahasa, diam itu emas, mulutmu, harimaumu..


2. Lebay dalam Cinta, Salah 1 fenomena dalam remaja yang sering menjangkiti kita adalah lebay persoalan cinta. Update status tentang cinta, ngrumpi sama temen tentang cinta, bahkan tidur pun mimpiin si dia. padahal masih banyak hal lain yang lebih bermanfaat untuk dipikirkan selain cinta. mmikirkan studi mungkin, ibadah pada allah, hari akhir, masa depan, dll. janganlah kita mengagung-agungkan cinta melebihi mengagungkannya kita kepada Allah. cintailah seseorang sewajarnya termasuk membenci sewajarnya.





3. Lebay dengan Gadget, dan Media Sosial, lebay update status, bbm, twitter, flikr, youtube dan lain-lain jelas tidak ada manfaatnya. coba kita hiung, berapa waktu kita gunakan untuk berinternet ria dibanding waktu kita untuk bersujud, mengingat untuk beribadah pada allah? padahal allah memberikan waktu kepada kita sebanyak 24 jam. so, jangan habiskan waktumu untuk lebay gadget dan medsos ya..

4. Lebay dalam Berpakaian, memakai baju yang tidak semestinya, membuka aurat dan berpakaian ketat juga termasuk lebay dalam berpakaian. dan bagi yang laki-laki, senang memanjangkan celananya hingga menutupi mata kaki. padahal, celana cengkrang sedang in lo! banyak artis korea yang bangga memakai celana cengkrang, walaupun cuma untuk fashion. maka kita sebagai remaja yg sudah tau hukumnya bahwa lelaki yang menutupi pakaian bawahnya sampai menutupi mata kaki itu tidak akan bisa menjumpai nikmatnya surga.


5. Lebay Mencari Harta, mencari rizki adalah kewajiban, namun jangn sampai mencari rizki hingga mengalihkan seluruh dunia kita dan menjadi workaholic. dan yang lebih penting, jangan pelit-pelit untuk selalu menyisakan sebagian dari harta kita untuk sodaqoh dan infak. karena harta yang tidak diinfakkan hanya akan menjadi harta yang memasukkan kita ke dalam neraka

6. Lebay Beribadah, nah lo.. bukannya ibadah itu sesuatu yang baik. baik yang baik maupun yang buruk, semua yang berlebihan itu hasilnya pasti tidak baik. contohnya, menambah-nambahi ibadah yang tdk sesuai dg Qur'an dan Hadist, sehingga menimbulkan bid'ah. dan juga terus-terusan beribadah seperti puasa terus, shalat terus, sehingga malas bekerja dan menafkahi keluarga.
Nah, itu dia lebay-lebay yang begitu dekat terasa disekitar kita. Mari kita instropeksi diri, dan bersama-sama berkata : No Lebay, Please!?
Jangan Lebay, Karena Bahkan Allah pun Membencinya Jangan Lebay, Karena Bahkan Allah pun Membencinya Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 9:57 PM Rating: 5

No comments