Seru dan Ceria di Eksis Fun Education (EFE)

Kali ini, Eksis mengadakan kegiatan bertajuk edukasi yang dikemas secara “apik-fun”di MI Roudlotul Huda, Sabtu (27/9). Acara ini melibatkan hampir seluruh fungsionaris Eksis serta seluruh warga sekolah MI tersebut mulai dari guru, penjaga sekolah dan para siswa dari kelas 1-6. Eksis menyuguhkan berbagai perlombaan dan games berbasis “edukasi” namun bersentuhan dengan nilai-nilai Islam. Harapannya para siswa-siswi MI tersebut dapat mengembangkan bakat dan potensinya layaknya mutiara yang menyinari peradaban Islam.


      Tidak seperti biasanya, pagi yang cerah itu para siswa MI memakai pakaian olahraga bukan seragam pramuka. Mereka tidak membawa buku pelajaran, juga memang tidak ada pelajaran hari itu. Lho kok gitu? Yup, 1 hari itu spesial untuk belajar-bermain-berlomba-bergembira.
      Kegiatan bernama “Eksis Fun Education” atau yang  selanjutnya disebut EFE dimulai pukul 07.00. Para siswa, guru dan beberapa panitia menggerakan badan ditemani ritme musik senam yang . Walau keringat mulai bercucuran, namun tawa canda riang gembira menjadi penawar panas matahari pagi itu.
       Setelah itu, serangkaian acara seremonial pembukaan pun dimulai. Diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu sambutan ketua panitia Sani Noor Rohman dan dilanjut sambutan Ibu Kepala Sekolah sekaligus membuka acara EFE.
Tanpa berbelit-belit soal waktu, peserta kemudian diarahkan menuju perlombaannya masing-masing. Kelas 1 lomba menggambar dan mewarnai, kelas 5 lomba Ranking 1, kelas 6 lomba Kaligrafi.  Ada pula lomba adzan, lomba baca puisi dan Pildacil. Sedangkan kelas 2, 3, dan 4 antusias mengikuti games di halaman sekolah.
       1, 5 jam berlalu daftar pemenang tiap lomba telash selesai direkap. Saatnya pembagian hadiah.... Eits.. tunggu dulu. Ternyata para guru tak mau kalah. Mereka adu kretifitas di perlombaan baca puisi untuk guru. Pemenang ditentukan dari meriahnya suara tepuk tangan pemirsa.
      Pemirsa yang terdiri dari para siswa dan fungsionaris Eksis menikmati satu hiburan berupa perform rebana klasik. Suara – suara merdu berpadu dengan alunan alat musik menjadi angin segar di siang hari itu. Lelah setelah mengikuti lomba, para peserta disuguhi es buah segar dan sehat. Dengan resep berupa cinta-kebersamaan-persaudaraan  ditemani snack ringan.
       Sampailah pada acara penganugerahan juara beserta hadiahnya. Tiap lomba diambil 2 pemenang, 1 siswa dan 1 siswi. Bagi mereka yang belum menjuarai perlombaan, tidak usah galau. Karena panitia telah meyiapkan doorprize untuk peserta yang beruntung. Menit-menit terakhir diisi dengan momen-momen keakraban berupa foto bersama dan sharing-sharing rileks.
       Sampailah pada penghujung acara yaitu penutupan. Pembacaan doa, ucapan permintaan maaf atas beberapa kekurangan dan ungkapan ribuan terima kasih panitia sampaikan pada pihak sekolah. Yang telah memfasilitasi tempat, waktu dan peserta serta konsisten menjaga keberlangsungan acara dari tahap persiapan sampai finishing. Sungguh, mereka (para guru) menjadi sosok inspirasi yang membimbing panitia dalam menyajikan kegiatan ini. Selain itu, potensi para siswa menjadi cahaya kemerlap yang semoga nantinya semakin kemilau menyinari bumi Indonesia.

Seru dan Ceria di Eksis Fun Education (EFE) Seru dan Ceria di Eksis Fun Education (EFE) Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 10:02 PM Rating: 5

No comments