Bersama, Kita Sukseskan Gerakan : Back to Masjid

Kasela (Kajian pekanan tiap hari Selasa sore) tanggal 7 Oktober 2014 kemarin, mengusung tema “Back to Masjid”. Yup, tema itu semacam frasa (dalam bahasa Indonesia) yang sudah sering kita dengar namun masih terasa asing bagi mereka yang memang belum familiar dengan hal itu. Karena kasela edisi kali ini berhasil menyedot “attenton” dan “interest” para peserta sekitar 50 orang yang terdiri dari fungsionaris Eksis, mahasiswa umum dan mahasiswa baru.  Hadir sebagai pembicara adalah Mas Tony Taprianto yang berkenan membagikan ilmu dan pengalaman nya dengan penuh semangat.
 
Allah berfirman
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menuaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. at-Taubah:18)

Yuk cintai masjid seperti mencintai rumah sendiri. 
Layaknya rumah sendiri, maka kitalah yang bertugas untuk menjaga, mengisi, menghidupkan, dan merawatnya. Rasa cinta itu, tercermin dari kerinduan akan suasana masjid. Masjid yang sejuk, tenang dan menentramkan hati. Berbahagialah karena dengan mencintai masjid, kita termasuk golongan orang yang beruntung, seperti diriwayatkan dalam hadist
“Ada 7 golongan orang yang akan dinaungi Allah yang pada hari itu tidak ada naungan kecuali dari Allah; salah satunya ialah seseorang yg hatinya selalu terpaut dengan masjid ketika ia keluar hingga kembali kepadanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Cinta masjid sudah, lalu apa tindak lanjutnya?
Ajaklah orang lain untuk mencintai dan memakmurkan masjid juga. Sangat miris ketika di era sekarang masjid bertambah jumlahnya dengan sangat pesat, namun tidak dibarengi dengan pertambahan jama’ahnya. Tugas kita sebagai pemuda untuk ikut serta membangun barisan-barisan shaf dalam shalat. Sehingga masjid itu akan kokoh secara fisik oleh tiang penyangga masjidnya dan kokoh oleh kaki-kaki para jamaahnya. 

Jamaah masjid yang banyak, ngapain aja di masjid?
Masjid sebagai tempat untuk beribadah itu sudah pasti.  Bukan hanya shalat lima waktu tapi ibadah yang lain seperti shalat sunnah, tadarus Al Quran, berdzikir, dan lain-lain. Nah, agar masjid juga terlihat hidup bukan hanya menjelang waktu shalat saja, bisa kita manfaatkan masjid sebagai tempat untuk musyawarah, atau diskusi yang bermanfaat. Dengan jaminan tidak merusak, mengganggu esensi utama dari masjid tersebut. 

So, mari sukseskan gerakan “Back to Masjid” mulai dari sekarang...

Bersama, Kita Sukseskan Gerakan : Back to Masjid Bersama, Kita Sukseskan Gerakan : Back to Masjid Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 7:16 AM Rating: 5

No comments