Menelisik Jurnalistik, Eksis featuring Pramuka

Menelisik Jurnalistik, Eksis featuring Pramuka

Sabtu (22/3) sekitar 20 mahasisawa tampak antusias mengikuti acara Pelatihan Jurnalistik di ruang 121 gedung C3 yang disampaikan oleh Suyadi dari FH 2011 perwakilan BP2M. Acara ini sebagai langkah awal peserta mengenal seluk beluk jurnalistik.


Eksis Rohis dan Pramuka FE Unnes pada kesempatan tersebut bekerjasama menggagas sebuah kegiatan internal bertajuk Pelatihan Jurnalistik. Tidak tanggung-tanggung, yang menjadi pembicara adalah Suyadi (FH 2011) perwakilan BP2M yang saat ini diamanahi sebagai pemimpin redaksi Kompas Mahasiswa.
                Acara dimulai pukul 08.00 bertempat di gedung C3 ruang 121 FE. Setelah serangkaian acara pembukaan yaitu tilawah, sambutan ketua panitia, maka sampailah pada inti dari acara tersebut yaitu Pelatihan Jurnalistik. Berbeda dari biasanya, pembicara yang merupakan mantan redaksi Express Mahasiswa itu tiba-tiba menyuruh peserta menulis berita dalam selembar kertas. Setelah sesi yang cukup menegangkan tersebut, barulah pembicara mulai menyampaikan materi jurnalistik.
                Media harus dikelola oleh tim yang solid dan powerfull. Tim itu terdiri dari pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, editor, ilustrator dan layouter. Dan kerja tim ini adalah sebuah siklus, tema harus ditentukan terlebih dahulu barulah tim redaksi bisa terjun ke lapangan sesuai tugasnya.
                Ada 2 teknik mendapatkan berita yaitu dengan wawancara dan peliputan. Untuk wawancara, Suyadi membagi tips agar
wawancara bisa berjalan dengan baik. “Wartawan harus memetakan narasumber dengan tepat, siapkan daftar pertanyaan, pastikan waktunya dan yang cukup urgen yaitu klarifikasi pada narasumber apakah berita tersebut boleh dipublikasikan” tutur mahasiwa jurusan Hukum Pidana tersebut.
                Sampailah pada penyusunan berita secara teknisnya. Pertama, pilih news angel . Lalu, buatlah lead yaitu ringkasan berita berisi 5W+1H. Selanjutnya mulailah menyusun berita dengan struktur piramida terbalik. Reporter harus memahami 9 elemen dasar jurnalistik dan menguasai ragam bahasa jurnalistik serta menerapakan kaidah PENULISAN BAHASA Indonesia yang baik dan benar. Pembicara juga mengingatkan bahwa reporter memposisikan sebagai pihak netral. “Reporter tidak boleh beropini”  nasehat Suyadi.
                Sebagai bentuk uji kemampuan, peserta disuruh berlatih menyusun berita lagi, namun kali ini sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Menit-menit terakhir materi diisi dengan pembahasan dan review artikel berita yang telah peserta susun. Tidak terasa pertemuan selama 4 jam tersebut terasa sangat cepat berlalu dan berkhir dengan pembacaan doa serta penutup oleh panitia penyelenggara.

Menelisik Jurnalistik, Eksis featuring Pramuka Menelisik Jurnalistik, Eksis featuring Pramuka Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 7:49 AM Rating: 5

No comments