Mengapa Isra' Mi'raj ?




Liku Liku Perjalanan Isra' Miraj

Isra' miraj merupakan momentum spesial bagi umat islam, sebagai umat islam kita harus mempercayainya.
Apa yang disebut Isra' ?
Apa yang disebut Miraj ?
Perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa, itulah yang disebut Isra' . Sedangkan perjalanan dari Masjidil Aqsa ke Sidrotul Muntaha disebut dengan Miraj. Perjalanan tersbut ditempuh hanya dalam waktu semalam, padahal jarak tempat tersebut lebih dari 1200 KM.
Perjalanan dari Masjidil Haram (Mekah) hingga Masjidil Aqsa (Yerussalem) jika ditempuh menggunakan kendaraan yang ada pada zaman Nabi dahulu yakni unta, akan menghabiskan waktu kurang lebih  dua bulan untuk satu kali perjalanan.
Namun, dengan sangat menakjubkan sekaligus sulit dipercaya bahwa perjalanan Rasulullah ketika itu hanya dalam waktu semalam.




Mengapa Allah menjadikan peristiwa tersebut terjadi?
Padahal jika orang kafir mengetahuinya, mereka pasti tidak akan mempercayainya dan akan semakin mengelak dari kebenaran agama Islam bukan?
Lantas mengapa?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak beberapa hikmah dari peristiwa Isra' Miraj :
1. Isra' miraj mengajarkan kita untuk mengimani hal hal gaib.
2. Melalui isra' miraj Allah ingin menunjukkan kekuasaan Nya
3. Isra miraj salah satu mu'jizat Allah pada Rasulullah,karena Rasulullah dapat menembus langit ke 7 dalam waktu satu malam,dan dapat bertatap muka dengan Allah.
4. Isra' Miraj sebagai pelipur lara Rasulullah. 

    Karena pada saat itu beliau baru saja kehilangan istri dan pamannya yang meninggal serta saat itu jalan dakwah Rasulullah sedang banyak mengalami tantangan.Kemudian Allah secara langsung memanggil Rasulullah dalam perjalanan suci itu.Dalam perjalanan Miraj Rasulullah melihat secara langsung gambaran surga dan neraka.
5. Bukti adanya kemudahan setelah kesulitan.Sebelum isra miraj dakwah Rasulullah di Mekah sangat Sulit,lalu beberapa saat setelah Isra' miraj Rasulullah berhijrah ke Madinah,dan disana dakwah menjadi berkembang.
6. Adanya peritah solat 5 waktu.

Ketika pertama kali Rasulullah mendapat perintah solat, Allah memerintah untuk sholat 50 waktu. Namun saat akan Kembali turun ke bumi Rasulullah bertemu nabi Musa dan beliau menyarankan Rasulullah untuk meminta Allah mengurangi kewajiban solat umat muslim, hingga akhirnya kewajiban solat muslim hanya 5 waktu.


Beberapa hikmah dari peristiwa Isro' Mi'roj tersebut membukakan mata kita bahwan kewajiban Sholat yang diperintahkan oleh Allah memang lah special.  So, setelah ini semoga sholat kita makin rajin ya..
Semoga Allah memudahkan.. Aamiin..

Sumber :
Kajian Selasa Sore (Kasela) Eksis Fe Unnes
Pembicara: Bpk.Ubaedul Mustofa S.H.I, M.Si
Mengapa Isra' Mi'raj ? Mengapa Isra' Mi'raj ? Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 8:57 PM Rating: 5

No comments