4 Jurus Super menjadi Mahasiswa Super




4 Jurus Super Menjadi Mahasiswa Super
Oleh Makhmud Kuncahyo

Assalamu'alaikum Sobat Eksis.. 
Pasti banyak yang bertanya-tanya gimana sih kiat-kiat supaya bisa jadi mahasiwa yang sukses, ya akademik oke, tapi organisasi gak kalah kece, apalagi ibadah kuat sekalee.
So, kita mau ngasih jurus-jurus buat sobat semua. Jurus menjadi mahasiswa Super (Sukses, Prestatif, Religius). Check this out !

11.       Bersyukur
Bersyukur adalah sebagai bentuk pengabdian seorang hamba terhadap apa yang telah Allah peruntukkan untuknya. Sebenarnya jika kita bersyukur, disaat itulah kita sukses. Karena syukur adalah wujud kecil dari sukses. Maka mencobalah untuk :
-nikmati apa yang didapatkan hari ini
-berdamai dengan takdir
-jangan bandingkan dengan orang yang di atas kita 

22.  Perbaiki niat
Luruskan kembali niat, orientasi, dan tujuan kita.
Ingat lagi Innamal a’maalu bin niyyah” (Sesungguhnya amal itu tergantung dengan niat). Jadi niat merupakan satu hal yang menjadi dasar atas segala apa yang kita lakukan. Luruskan niat kita, orientasi kita di kampus, dan apa tujuan kita.

33.  Buat target
Target akademik, target sosial, target spiritual, termasuk target keluarga.
Target akademik misalnya semester ini IP harus diatas 3,5
Target sosial,
Target spiritual ya tilawah 1 hari berapa juz, sholat dhuha berapa kali dalam sepekan, sholat tahajud, dan sebagainya. Untuk apa target spiritual? Agar spiritual makin tebal, dan ketika ajal bertamu tiba-tiba, kita sudah siap.
Target keluarga, seperti keinginan menikah di usia berapa, punya anak di usia berapa, dana sebagainya.

44.   Manajemen waktu
Jika waktu tidak dihabiskan dengan kebaikan, maka akan terjerumus dalam keburukan.
Maka agendakan tiap kegiatan. Pilihlah agenda mana yang penting mendesak serta penting tidak mendesak.
Selain itu, lakukan hal berikut :
a.       To do list | kerjakan kegiatan yang sudah di list. Daftar kegiatan akan membantu kita untuk memprioritaskan kegiatan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
b.      Tegas |tegas dengan diri kita sendiri, jangan menunda-nunda pekerjaan
c.       Berani mengatakan tidak | misal ada teman yang mengajak main disaat dalam posisi besok ada ujian, ya kita harus berani untuk menolak ajakan tersebut dan memilih untuk belajar.
   d. Jangan sampai kesibukan melupakan diri sendiri | terkadang terlalu sibuk dengan urusan kuliah dan organisasi, hingga melupakan hak-hak kita sendiri. Sampai lupa makan dan akhirnya sakit, lupa mandi, kurang tidur karena begadang mengerjakan tugas, jadinya esok hari saat kuliah mengantuk.
Nah,yang rugi siapa? Kita sendiri kan?


Narasumber : Makhmud Kuncahyo (Presma Unnes 2013)
                      Dalam KASELA (Kajian setiap Selasa) Eksis FE Unnes [Selasa (14/03)]


4 Jurus Super menjadi Mahasiswa Super 4 Jurus Super menjadi Mahasiswa Super Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 7:27 PM Rating: 5

No comments