“ Mengapa Allah masih memberiku kehidupan?”

KASELA 05 Mei 2015

“ Mengapa Allah masih memberiku kehidupan?”

Arti doa sebelum tidur :“Dengan nama-Mu Ya Allah hidupku dan dengan nama-Mu pula Ya Allah matiku.” Jadi doa yang biasa kita lantunkan sebelum tidur bukanlah doa akan tidur, tetapi do’a ketka kita akan mati (sementara). Orang mati dengan orang tidur itu beda tipis sekali.
Kisah Nabi Ibrahim :
Ketika itu Allah memerintahkan kepada  malaikat Izrail untuk mencabut nyawa nabi Ibrahim tetapi bila nabi Ibrahim belum mau, maka Izrail diperintahkan untuk kembali ke langit. Dan saat malaikat Izrail akan menunaikan tugasnya, nabi Ibarhim meminta 1 pertanyaan yaitu “Hai Malaikat Maut, bagaimana menurutmu bila ada kekasih mencabut nyawa kekasihnya sendiri ? “

Mendapat pertanyaan tersebut malaikat Izrail bingung, lalu naik lah ia ke langit menemui Allah S.W.T untuk melaporkan hal itu, lalu Allah berfirman menyuruh Izrail bertanya kembali kepada Ibrahim, “Wahai Ibrahim, apakah kekasih tidak mau menemui orang yang dikasihinya?”

Izrail pun turun menyampaikan firman Allah tersebut ke Ibrahim, lalu Ibrahim menjawab : “Kalau demikian, Cabutlah nyawaku sekarang juga”

Mati bukanlah suatu hal yang harus kita takuti, tetapi hal yang harus kita tunggu dan kita persiapakan bekal yang sebaik-baiknya untuk bertemu dengan Pencipta kita.

Setelah meninggal terputuslah segala amal anak Adam kecuali tiga perkara:
1)      Amal jariyah.
2)      Ilmu yang bermanfaat.
3)      Anak soleh yang mendo’akannya.

Tanda-tanda kematian terdapat dalam Surat Al Baqarah:180 yang artinya:
“Diwajibkan atas kamu, apabila maut hendak menjemput seseorang di antara kamu, jjika dia menginggalkan harta, berwasiat untuk kedua orang tua dan karib kerabat dengan cara yang baik (sebagai) kewajiban bagi orang-orang yang bertakwa”

Ada dua ketetapan Allah yag wajib kita iman:
1)   Qadhar, ketetapan Allah yang tidak dapat dirubah (harga mati)
2)   Qodar, ketetapan Allah yang bisa ditawar, dengan jalan kita terus bertawakal kepada-Nya

Jika seorang dokter dapat memprediksi kematian dengan penyakit degeneratif, maka tanda-tanda kematian itu dapat dilihat ketika umur kita diatas 40 tahun (wallahu ‘alam), semua penyakit pasti ada obatnya, kecuali penyakit kematian. Jadi jika umur sudah 40 tahun duni dikurangi dan ditambah fungsi akhiratnya.

Mengapa surat An-Asr itu tentang masa/ waktu?
Dalam surat ini dikatakan bahwa manusia sungguh benar-benar dalam kerugian. Ketika kita hidup didunia, namun menjelang kematiannya ia tidak mengenal Tuhannya, maka ia termasuk golongan orang-orang yang rugi.

“Jangan sampai kita mendikte Allah, biarlah Allah yang memberikan balasan dengan cara-Nya”



“ Mengapa Allah masih memberiku kehidupan?” “ Mengapa Allah masih memberiku kehidupan?” Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 10:03 PM Rating: 5

No comments