Cyber Crime, Mengintai Anda !


Kasela edisi 26 Mei 2015, mengupas tuntas mengenai kejahatan dunia maya (Cyber Crime) dengan pembicara Ustadz Imam Bukhori. Wuihh denger temanya aja udah kece binggo nihh, penasaran?? yuk simak ringkasanya :)

Di era globalisasi dan modern, serta kemajuan teknologi yang semakin canggih, istilah dunia maya sudah tidak asing lagi bagi kita semua, bahkan hal ini sudah menjadi kehidupan kedua kita. Banyak informasi yang bertebaran dan sangat mudah untuk diakses, baik data-data yang positif maupun negatif. Tersebarnya data pribadi adalah hal yang biasa bagi kita, namun sebenarnya hal ini memudahkan pihak ketiga untuk mengambilnya, dan bisa jadi membahayakan diri kita.

            Dengan media sosial, kita bisa berhubungan atau berinteraksi dengan siapapun baik yang kita kenal ataupun orang yang belum kita kenal dengan sangat mudahnya, media sosial seperti fb, twitter, WA dll berdampak positif dan negatif, tergantung dari masing-masing pribadi penggunanya. Berbagai kejahatan terjadi di media sosial seperti pembunuhan, pencurian, penipuan dsb. Namun dampak positif yang bisa kita rasakan seperti menyebar dakwah, pemberi motivasi dan mengingatkan saudara-saudari kita.

Adab-adab dalam bersosial media (Ust. A. Fillah) khususnya di twitter, antara lain:
1)      Mengetwit yang bermanfaat, berupa kebaikan
2)      Hindari berdusta saat bercanda
3)      Benci pada suatu pihak tidak bolehh membuat kita tidak berakhlak mulia dan bertutur kata yang baik
4)      Merendahkan twit lain hanya menunjukkan bahwa kita kasar dan tidak bermoral.

So, setelah kita mengikuti kajian Kasela edisi kali ini, harapannya kita menjadi lebih waspada dan bijaksana dalam menggunakan media sosial. Gunakanlah media sosial sebagai ladang kita untuk berdakwah di dunia maya, :)
Cyber Crime, Mengintai Anda ! Cyber Crime, Mengintai Anda ! Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 11:13 AM Rating: 5

No comments