Ini Dia Kewajiban Seorang Muslimah



Puluhan mahasiswi memadati PKM Joglo FE Unnes (18/3/2016) dalam rangka launching D’GIA (D’Girl Academy). Tema kajian kemuslimahan “Peran Muslimah” ini menghadirkan pembicara Dwi Pangesti Aprilia.


Ibu satu orang putra ini menegaskan bahwa seorang muslimah mempunyai kewajiban-kewajiban, baik kepada Allah, diri sendiri, orang tua, maupun masyarakat.

Menjalankan rukun Islam, menerima kodrat sebagai perempuan, menyeru kebaikan pada orang lain, ikhlas, dan sabar merupakan beberapa kewajiban muslimah kepada Allah.

“Untuk diri sendiri muslimah berkewajiban menjaga fisik, akal, dan hati,” terang alumni FBS Unnes 2008 ini.

Wujud menjaga fisik antara lain dengan melakukan perawatan untuk menjaga kecantikan alami, makan makanan yang sehat, serta menjaga kebersihan.

Lebih lanjut, muslimah juga harus menjaga akal dengan asupan-asupan yang bergizi. Asupan itu antara lain informasi, bacaan, serta tontonan yang sehat.

“Masalah hati nih, siapa yang pernah galau? Kalau galau jangan mendengarkan lagu galau, lebih baik mendengar murottal,” tukas Dwi Pangesti Aprilia.

Hati juga membutuhkan makanan berupa tilawah. Hati manusia mudah untuk dibolak-balikkan. Untuk itu, jangan sampai sehari terlewat tanpa tilawah. Saat hati lengah setan akan mudah masuk.

Kemudian, kewajiban selanjutnya ialah kepada orang tua. Sebagai muslimah yang merantau wujud berbakti antara lain dengan mendoakan, menjaga komunikasi, dan berbuat baik terhadap orang tua.
 
Terakhir, terkait kewajiban kepada masyarakat, bahwa seorang muslimah harus istikomah memberi teladan dan mengajak kepada kebaikan.

“Sebelum memperbaiki segala sesuatu, yang paling utama adalah perbaiki hubungan dengan Allah,” tutur pembicara ini sebelum membuka sesi tanya jawab.

 Kajian muslimah D’GIA terbuka untuk mahasiswi setiap Jumat pukul 11.00. Ketua Departemen Annisa Eksis FE Unnes, Nurul Hasanah, berharap D’GIA bermanfaat untuk para mahasiswi di kampus, terutama untuk mengupgrade ilmu dan menjalin ukhuwah terhadap sesama muslim.

“Materinya bagus, selain mendapat ilmu kami juga diistimewakan oleh panitia,” testimoni Dian Handayani, mahasiswi Pendidikan Akuntansi 2014 usai acara. (tf)
Ini Dia Kewajiban Seorang Muslimah Ini Dia Kewajiban Seorang Muslimah Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 5:20 AM Rating: 5

No comments