Yang NGAWOEL Ya DANUSnya EKSIS




Jihad itu bukan hanya denganangkat senjata,  berperang, kemudian menang atau kalah, mati ataupun hidup. Apalah arti kita berjuang/ berjihad bilamana tujuan akhirnya bukanlah mengharap ridho Illahi, jihad yang hakiki adalah ketika kita berjuang dengan sepenuh hati, ikhlas hanya untuk mengharap ridho-Nya bukan karena keinginan-keinginan duniawi yang fana. Dan inilah potret perjuangan dari departemen dana dan usaha (DANUS) dalam kontribusinya berdakwah  di kampus biru.


Ngawoel di kawasan Stadion Diponegoro
Pagi  ini  (Minggu 22/03) merupakan minggu perdana untuk Departemen Dana dan Usaha untuk memulai agenda “NGAWOEL ” di Jln. Ahmad Yani, kawasan Stadion Diponegoro, Semarang. Berbekal keiklasan karena Allah, semangat, dan rasa optimis para pejuang Eksis : Triyanto (Kadep Danus), Syarif (Staff), Ayun Pratiwi (Sekdep), Nurul Ngaeni (Staff), dan Khusnul Ulum (Wa Mas’ul) berangkat dari Sekaran pukul 06.00 pagi supaya tidak kehabisan tempat untuk berjualan.
Simsalabim abrakadabra jalan yang biasanya penuh sesak dengan kendaraan , disulap oleh pemerintah setempat menjadi pasar Minggu pagi yang penuh dengan lautan manusia. Pasar pagi ini layaknya pasar malam, para pedagang tumpek brek jadi satu, ada yang berjualan baju, boneka, sprei, alat rumah tangga, jajanan pasar, ikan hias, buku, kaset, dll, semuanya lengkap tersedia di pasar ini. “NGAWOEL”  sendiri merupakan kegiatan menjual baju-baju bekas yang masih layak pakai dari hibah para fungsionaris EKSIS atau teman-teman lainnya yang sekiranya memiliki baju bekas yang masih memiliki nilai ekonomis.
Dan ternyata bukan hanya dari EKSIS saja yang ngawoel, banyak mahaiswa-mahasiswi dari universitas sekitar Semarang yang ngawoel juga untuk membantu keberlangsungan organisasi mereka. Dan ini nih yang bikin ngangenin dan nyenengin saat ngawoel, yaitu saat transaksi tawar menawar dengan pembeli. Pembeli disini tak segan-segan menawar barang dagangan kita dengan harga sangat murah: tiga ribu perpotongnya. Memang si, jadi pembeli pasti ingin mendapatkan harga yang murah meriah, dan disini nih kesabaran dan skill berjualan diuji seberapa jauh kita bisa menghadapi para pembeli yang berbeda sifat antara satu dengan yang lain.
Dan alhamdulillah, Allah tidak tidur kawan, Allah memberi balasan sepadan dengan apa yang diusahakan hamba-Nya. Semua lelah, keringat, peluh, pengorbanan waktu, pikiran, dan materi terbayar sudah dengan laba yang cukup dari  penjualan baju bekas tadi.
انْفِرُوا خِفَافًا وَثِقَالا وَجَاهِدُوا بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
”Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan ataupun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” [QS. At-Taubah : 41].
Itulah sepenggal kisah para pejuang DANUS, jihad bukan hanya dapat dilakukan dengan fisik. Ketika kita memberikan pinjaman yang baik, infak, shodaqoh di jalan yang Allah ridho insyaAllah itu akan lebih baik. Tetap semangat untuk para pejuang DANUS, dan Mari!! kita bersinergi bersama, saling memberi semangat, mendukung, dan PEKA membantu departemen yang lain. Dan semoga dana yang telah terkumpul menjadi salah satu sarana kita untuk selalu mendekatkan diri pada-Nya, membantu agama Allah dalam mensyiarkan Islam di kampus Biru. :)
 



Yang NGAWOEL Ya DANUSnya EKSIS Yang NGAWOEL Ya DANUSnya EKSIS Reviewed by Eksis Solusi FE UNNES on 4:38 PM Rating: 5

No comments